MASKER OAT MEAL UNTUK WAJAH BAGUS GAK? CARA BUATNYA? (Pengalaman Saya pakai Masker Oat)

Sumber gambar:http://domesticate-me.com/

Halo, pada tulisan ini saya mau berbagi pengalaman saya menggunakan masker oat meal.

Sebelumnya saya mau ngasih tau dulu bahwa OAT BUKAN GANDUM. Oat atau nama lainnya Haver adalah jenis biji-bijian, sedangkan gandum atau bahasa inggrisnya wheat merupakan jenis rumput. Dari beberapa sumber yang saya baca, oat memiliki khasiat yang lebih dibanding gandum. Jadi jangan sampai keliru ya :)

Oke, jadi saya memulai masker oat itu sejak saya menonton video di youtube channelnya Alifah Ratu (hahaha). Masalah yang kami hadapi hampir sama, yaitu jerawat dan kuit berminyak walaupun wajah saya belum separah dia hehe. 

Saya menggunakan oat meal merk Quaker Oat yang warna biru, karena kalau diseduh terksturnya masih agak keras sehingga bisa dijadikan scrub wajah.

Cara Pembuatan Masker
1. Pertama rebus air untuk mencuci muka dan menyeduh oat. Sebelum maskeran, pastikan wajah sudah bersih, cuci muka saya menggunakan air hangat agar pori-pori terbuka sehingga masker dapat terserap dengan baik. (ini cuma cara saya, gak tau benar atau tidak :) )
2. Setelah air mendidih, gunakan air untuk cuci muka, dan sisakan 1 sampai 2 sendok makan untuk menyeduh oat. Jangan sampai kurang atau kebanyakan. Saya pribadi menggunakan 1 sendok makan air untuk 1 sendok makan oat. Jika terlalu banyak air, masker akan meleleh di wajah, sedangkan kalau kurang air, masker akan keras dan sukar menempel di wajah.
3. Campurkan air pada 1 sampai 2 sendok makan oat, aduk sampai oat berbentuk pasta.
4. Untuk tahap ini tergantung bahan yang ada di rumah kamu, kalau saya menambahkan 1/4 sendok makan minyak zaitun dan 1/2 sendok makan madu. Kalau kamu gak punya minyak zaitun dan madu, it's okay! Just skip this step.
5. Masker oat siap digunakan, 

Cara Penggunakan Masker
1. Oleskan pada wajah secara merata.
2. Diamkan masker selama 30 menit atau lebih. Masker ini gak akan mengeras dan pecah gitu, jadi kamu bisa leluasa berbicara dan melakukan aktifitas yang membutuhkan gerakan wajah.
3. Setelah 30 menit, kamu bisa memijit wajah seperti mencuci muka selama beberapa saat, jangan lupa utamakan pada daerah yang berkomedo. Jangan mengusap terlalu keras terutama di bagian jerawat matang, karena malah akan menimbulkan infeksi.
4. Bilas dengan air hangat. Jika kamu tidak menambahkan apa pun ke dalam masker oat, maka kamu tidak perlu menggunakan sabun pencuci muka, karena oat memiliki kandungan yang dapat membersihkan wajah. Namun jika kamu menambahkan bahan lain, sebaiknya cuci muka menggunakan sabun agar semua bahan terlepas dari wajah. 
5. Setelah bersih, saya biasanya menggunakan toner yang saya simpan di kulkas untuk menutup kembali pori-pori wajah. Jika kamu tidak punya toner, cukup gunakan air dingin atau air biasa.

Hasil Setelah Penggunaan
Tidak ada perubahan pada kulit saya saat pertama kali menggunakan masker ini. Biasa saja, seperti tidak pakai apa-apa. Namun, karena sudah terlanjur membeli oat dan saya juga tidak suka mengkonsumsinya sebagai makanan, saya melanjutkan pemakaiannya sampai 2 minggu secara rutin setiap hari. (Gak deh, beberapa kali bolong hahaha)
Setelah penggunaan rutin, komedo saya terutama di bagian hidung hilang. Biasanya saat saya pakai foundation saya harus berhati-hati saat mengoleskan di bagian hidung, karena komedo yang membuat teksturnya sangat jelek saat ditumpuk foundie. Tapi setelah rutin menggunakan masker oat, foundation saya jadi merata sempurna di bagian hidung hahaha. 
Lalu untuk jerawat tetap ada, namun tingkat pertumbuhannya mulai menurun. Saya juga tidak bisa memastikan apakah masker ini dapat menghilangkan jerawat, karena saya juga melakukan beberapa ritual lainnya selain masker oat. Tapi saya yakin masker oat bisa mengurangi komedo karena saat saya berhenti menggunakan masker ini, komedo saya datang lagi. Jadi saya sampai saat ini masih rutin menggunakannya. Kadang saya tambahkan 1/4 sendok makan kopi hitam supaya khasiatnya bertambah hehe.


Jadi, bagi kamu yang mendambakan kulit mulus instan, gak perlu coba masker ini. Karena masker oat harus rutin, dan baru terasa efeknya setelah 1 sampai 2 minggu, tergantung kulit masing-masing. Ya namanya juga bahan alami, memang harus kesabaran dan ketekunan. 
Saya pribadi akan tetap menggunakan masker ini secara rutin, dan pasti beli lagi oat mealnya kalau sudah habis. Karena bahannya alami, saya jadi tidak takut menggunakannya untuk waktu yang lama. Selain itu, harganya juga murah :) Kalau beli masker bermerk kan mahal hehehe. Saya sudah mulai melirik oat merk Haverjoy, 1 kg cuma 25 ribu :D apalagi dia ada jenis rolled oat yang tidak melalui proses penggilingan. Dari artikel yang saya baca jenis rooled oat jauh lebih bagus daripada yang instan loh :D

MASKER OAT MEAL UNTUK WAJAH BAGUS GAK? CARA BUATNYA? (Pengalaman Saya pakai Masker Oat) MASKER OAT MEAL UNTUK WAJAH BAGUS GAK? CARA BUATNYA? (Pengalaman Saya pakai Masker Oat) Reviewed by Yunia Melvianty on September 11, 2017 Rating: 5

No comments